termotok.blogspot.com - Berikut adlh sya’ir yg dibuat oleh Asy-Syaikh Mula ‘Imran -rahimahullaah- ulama pd abad ke-13 hijriyyah yg saya nukilkan dari kitab Manhaj Al-Firqotun Najiyah Wa Ath-Thoifah Al-Mansuroh karya Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu -rahimahullaah-
Ø¥Ù Ùا٠تابعُ Ø£ØÙ
دٍ Ù
تÙÙّبا
ÙØ£Ùا اÙÙ Ùِرُّ بأÙÙÙ ÙÙَّابÙ
Jika pengikut Ahmad (Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam) adlh Wahhabi
Maka ku akui bahwa diriku adlh Wahhabi
Ø£ÙÙ٠اÙشرÙ٠ع٠اÙØ¥ÙÙ ÙÙÙسَ ÙÙ
ربٌّ سÙ٠اÙ٠تÙردِ ٠اÙÙÙاب
Kutiadakan sekutu bagi Ilah, maka tak ada (sesembahan) bagiku
Kecuali Rabb Yang Maha Esa lagi Maha Pemberi
Ùا Ùبة تÙÙُرج٠٠Ùا ÙØ«Ùٌ Ù Ùا
Ùبرٌ Ù٠سببٌ ٠٠اÙأسباب
Tak ada kubah yg bisa diharap, tak pula berhala
dan tidaklah kuburan menjadi sebab di antara penyebab
ÙÙا Ù Ùا Øجر Ù Ùا شجر Ù Ùا
عÙÙ Ù Ùا ÙÙÙُÙÙصُÙبٌ ٠٠اÙØ£Ùصاب
Tidak! Sekali-kali tidak. Tidak pula batu, pohon
Tidak pula mata air dan patung-patung
Ø£Ùضا Ù Ùستُ Ù ُعÙÙا Ùت٠ÙÙ Ø©
Ø£Ù ØÙÙØ© Ø£Ù Ùَدعة Ø£Ù Ùاب
Juga, aku tak mengalungkan jimat
Gelang, rumah kerang / taring
Ùِرجاء ÙÙع Ø£Ù ÙدÙع بÙÙّØ©ٍ
اÙÙÙ ÙÙÙعÙÙ Ù ÙدÙع ٠ا بÙ
Untuk mengharapkan manfaat / pun menolak bala
Allah-lah yg memberiku manfaat dan menghilangkan bala’ bagiku
٠اÙابتداع Ù Ù٠أ٠ر Ù ُØدثٍ
Ù٠اÙدÙÙ ÙÙÙر٠أÙÙÙا اÙØ£Ùباب
Adapun bid’ah dan segala perkara yg diada-adakan
di dlm agama, diingkari oleh orang-orang yg berakal
أرج٠بأÙÙ Ùا Ø£ÙاربُÙ Ù Ùا
أرضا٠دÙÙا Ù Ù٠غÙر صÙاب
Aku berharap, semoga diriku tak akan mendekatinya
Tidak pula rela dijadikan sebagai agama, itu tidaklah benar
ÙأعÙد ٠٠جÙÙ ÙØ© عÙÙا عتتْ
بخÙا٠Ù٠٠ؤَÙِّÙ Ù ُرتاب
Dan aku berlindung dari Jahmiyyah yg membangkang
Aku mencela perselisihan tiap ahli takwil lagi ragu
٠اÙاستÙاء ÙØ¥Ù Øسب٠ÙدÙØ©
ÙÙÙا Ù َÙا٠اÙسادة اÙØ£Ùجاب
Dan (makna) Istiwa’ maka cukuplah bagi tauladan
dari ucapan para tokoh yg mulia
اÙشاÙع٠٠٠اÙ٠٠أب٠ØÙÙÙÙÙَØ©
٠اب٠ØÙب٠اÙتÙ٠اÙØ£Ùاب
Asy-Syafi’i, Malik, Abu Hanifah
dan Ibn Hanbal yg bertakwa lagi terhormat
٠بعصرÙا Ù
٠جاء Ù
عتÙدا بÙ
صاØÙا عÙÙÙ Ù ُجَسّÙ ÙÙّابÙ
Adapun di zaman kita, bagi siapa saja yg berkeyakinan seperti mereka
Seraya berteriak kepadanya: Mujassim Wahhabi
جاء اÙØدÙØ« بغربة اÙإسÙاÙ
ÙÙَÙÙÙْ
ÙÙَÙبْÙِ اÙÙ Øب Ùِغربة اÙØ£Øباب
Telah datang hadits tentang keterasingan Islam
Hendaknya pecinta kebenaran menangis karena terasing dari orang yg dicintai
ÙاÙÙÙ ÙØÙ ÙÙا Ù ÙØÙظ دÙÙÙا
Ù ِÙ Ø´Ùَرّ ÙÙ Ù ُعاÙدٍ سَبَّاب
Allah-lah yg melindungi kita dan menjaga agama kita
Dari kejahatan dari tiap pembangkang dan pencela
Ù ÙُؤَÙِّد اÙدÙ٠اÙØÙÙ٠بعصبة
Ù ُت٠سÙÙ٠بسÙØ© Ù Ùتاب
Dia menguatkan agamaNya yg lurus dgn perantaraan
sekelompok orang yg berpegang teguh dgn Sunnah dan KitabNya
Ùا ÙأخذÙ٠برأÙÙÙ Ù ÙÙاسÙÙ
Ù ÙÙ٠إÙ٠اÙÙØْÙَÙÙ Ø®Ùر ٠آب
Tidak mendahulukan akal dan qiyas mereka
Bagi mereka, kedua wahyu adlh sebaik-baik pedoman
Ùد أخبر اÙ٠ختار عÙÙ٠أÙÙÙ
غÙُرباءُ بÙ٠اÙØ£Ù٠٠اÙأصØاب
Sang (Nabi) terpilih telah mengabarkan kepada mereka
Bahwa mereka adlh orang yg terasing di tengah keluarga dan kawan-kawannya
سÙÙÙا طرÙ٠اÙساÙÙÙ٠إÙ٠اÙÙُدÙ
Ù Ù Ø´Ùا عÙÙ Ù ِÙÙاجÙ٠بصÙاب
Mereka menapaki jalan para pencari hidayah
dan meneladani prinsip mereka dgn benar
٠٠أج٠ذا Ø£ÙÙُ اÙغÙÙُÙÙÙُÙِّ تÙÙاÙرÙا
عÙÙÙ ÙÙÙÙا ÙÙس ذا بعُجاب
Karena itulah orang-orang yg ghuluw memusuhi mereka
Maka kita katakan, bahwa hal itu tidaklah aneh
ÙَÙَرَ اÙَّØ°ِÙْÙَ دَعَاÙُÙ ْ Ø®َÙْرُ اْÙÙَرَÙ
Ø¥ِØ°ْ ÙَÙَّبُÙْÙُ بِسَاØِرٍ ÙَØ°َّابِ
Telah lari pula orang-orang yg diseru oleh sebaik-baik manusia
Bahkan menjulukinya sebagai tukang sihir lagi pendusta
Ù Ùع عِÙÙ ِÙÙ٠بÙØ£Ù ÙاÙØ©ٍ ÙدÙÙاÙØ©ٍ
ÙِÙْÙِ ÙَÙ َÙْرَÙ َØ©ٍ، ÙَصِدْÙِ جَÙَابِ
Padahal mereka mengetahui tentang ketinggian amanah dan agamanya
Kemuliaannya dan kejujurannya dlm menepati
صÙÙ٠عÙÙÙِ اÙÙÙُ Ù Ùا ÙÙبَّ اÙصبا
ÙعÙÙ٠ج٠ÙÙع اÙØ¢Ù ÙاÙأصØÙابِ
Semoga keberkahan atasnya selama angin masih berhembus
Demikian jg atas segenap keluarga dan sahabatnya
sumber : rizkytulus.wp dan abuzaidalbadri.wp
ÙØ£Ùا اÙÙ Ùِرُّ بأÙÙÙ ÙÙَّابÙ
Jika pengikut Ahmad (Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam) adlh Wahhabi
Maka ku akui bahwa diriku adlh Wahhabi
Ø£ÙÙ٠اÙشرÙ٠ع٠اÙØ¥ÙÙ ÙÙÙسَ ÙÙ
ربٌّ سÙ٠اÙ٠تÙردِ ٠اÙÙÙاب
Kutiadakan sekutu bagi Ilah, maka tak ada (sesembahan) bagiku
Kecuali Rabb Yang Maha Esa lagi Maha Pemberi
Ùا Ùبة تÙÙُرج٠٠Ùا ÙØ«Ùٌ Ù Ùا
Ùبرٌ Ù٠سببٌ ٠٠اÙأسباب
Tak ada kubah yg bisa diharap, tak pula berhala
dan tidaklah kuburan menjadi sebab di antara penyebab
ÙÙا Ù Ùا Øجر Ù Ùا شجر Ù Ùا
عÙÙ Ù Ùا ÙÙÙُÙÙصُÙبٌ ٠٠اÙØ£Ùصاب
Tidak pula mata air dan patung-patung
Ø£Ùضا Ù Ùستُ Ù ُعÙÙا Ùت٠ÙÙ Ø©
Ø£Ù ØÙÙØ© Ø£Ù Ùَدعة Ø£Ù Ùاب
Juga, aku tak mengalungkan jimat
Gelang, rumah kerang / taring
Ùِرجاء ÙÙع Ø£Ù ÙدÙع بÙÙّØ©ٍ
اÙÙÙ ÙÙÙعÙÙ Ù ÙدÙع ٠ا بÙ
Untuk mengharapkan manfaat / pun menolak bala
Allah-lah yg memberiku manfaat dan menghilangkan bala’ bagiku
٠اÙابتداع Ù Ù٠أ٠ر Ù ُØدثٍ
Ù٠اÙدÙÙ ÙÙÙر٠أÙÙÙا اÙØ£Ùباب
Adapun bid’ah dan segala perkara yg diada-adakan
di dlm agama, diingkari oleh orang-orang yg berakal
أرج٠بأÙÙ Ùا Ø£ÙاربُÙ Ù Ùا
أرضا٠دÙÙا Ù Ù٠غÙر صÙاب
Aku berharap, semoga diriku tak akan mendekatinya
Tidak pula rela dijadikan sebagai agama, itu tidaklah benar
ÙأعÙد ٠٠جÙÙ ÙØ© عÙÙا عتتْ
بخÙا٠Ù٠٠ؤَÙِّÙ Ù ُرتاب
Dan aku berlindung dari Jahmiyyah yg membangkang
Aku mencela perselisihan tiap ahli takwil lagi ragu
٠اÙاستÙاء ÙØ¥Ù Øسب٠ÙدÙØ©
ÙÙÙا Ù َÙا٠اÙسادة اÙØ£Ùجاب
Dan (makna) Istiwa’ maka cukuplah bagi tauladan
dari ucapan para tokoh yg mulia
اÙشاÙع٠٠٠اÙ٠٠أب٠ØÙÙÙÙÙَØ©
٠اب٠ØÙب٠اÙتÙ٠اÙØ£Ùاب
Asy-Syafi’i, Malik, Abu Hanifah
dan Ibn Hanbal yg bertakwa lagi terhormat
صاØÙا عÙÙÙ Ù ُجَسّÙ ÙÙّابÙ
Adapun di zaman kita, bagi siapa saja yg berkeyakinan seperti mereka
Seraya berteriak kepadanya: Mujassim Wahhabi
ÙÙَÙبْÙِ اÙÙ Øب Ùِغربة اÙØ£Øباب
Telah datang hadits tentang keterasingan Islam
Hendaknya pecinta kebenaran menangis karena terasing dari orang yg dicintai
ÙاÙÙÙ ÙØÙ ÙÙا Ù ÙØÙظ دÙÙÙا
Ù ِÙ Ø´Ùَرّ ÙÙ Ù ُعاÙدٍ سَبَّاب
Allah-lah yg melindungi kita dan menjaga agama kita
Dari kejahatan dari tiap pembangkang dan pencela
Ù ÙُؤَÙِّد اÙدÙ٠اÙØÙÙ٠بعصبة
Ù ُت٠سÙÙ٠بسÙØ© Ù Ùتاب
Dia menguatkan agamaNya yg lurus dgn perantaraan
sekelompok orang yg berpegang teguh dgn Sunnah dan KitabNya
Ùا ÙأخذÙ٠برأÙÙÙ Ù ÙÙاسÙÙ
Ù ÙÙ٠إÙ٠اÙÙØْÙَÙÙ Ø®Ùر ٠آب
Tidak mendahulukan akal dan qiyas mereka
Bagi mereka, kedua wahyu adlh sebaik-baik pedoman
Ùد أخبر اÙ٠ختار عÙÙ٠أÙÙÙ
غÙُرباءُ بÙ٠اÙØ£Ù٠٠اÙأصØاب
Sang (Nabi) terpilih telah mengabarkan kepada mereka
Bahwa mereka adlh orang yg terasing di tengah keluarga dan kawan-kawannya
سÙÙÙا طرÙ٠اÙساÙÙÙ٠إÙ٠اÙÙُدÙ
Ù Ù Ø´Ùا عÙÙ Ù ِÙÙاجÙ٠بصÙاب
Mereka menapaki jalan para pencari hidayah
dan meneladani prinsip mereka dgn benar
٠٠أج٠ذا Ø£ÙÙُ اÙغÙÙُÙÙÙُÙِّ تÙÙاÙرÙا
عÙÙÙ ÙÙÙÙا ÙÙس ذا بعُجاب
Karena itulah orang-orang yg ghuluw memusuhi mereka
Maka kita katakan, bahwa hal itu tidaklah aneh
ÙَÙَرَ اÙَّØ°ِÙْÙَ دَعَاÙُÙ ْ Ø®َÙْرُ اْÙÙَرَÙ
Ø¥ِØ°ْ ÙَÙَّبُÙْÙُ بِسَاØِرٍ ÙَØ°َّابِ
Telah lari pula orang-orang yg diseru oleh sebaik-baik manusia
Bahkan menjulukinya sebagai tukang sihir lagi pendusta
Ù Ùع عِÙÙ ِÙÙ٠بÙØ£Ù ÙاÙØ©ٍ ÙدÙÙاÙØ©ٍ
ÙِÙْÙِ ÙَÙ َÙْرَÙ َØ©ٍ، ÙَصِدْÙِ جَÙَابِ
Padahal mereka mengetahui tentang ketinggian amanah dan agamanya
Kemuliaannya dan kejujurannya dlm menepati
صÙÙ٠عÙÙÙِ اÙÙÙُ Ù Ùا ÙÙبَّ اÙصبا
ÙعÙÙ٠ج٠ÙÙع اÙØ¢Ù ÙاÙأصØÙابِ
Semoga keberkahan atasnya selama angin masih berhembus
Demikian jg atas segenap keluarga dan sahabatnya
sumber : rizkytulus.wp dan abuzaidalbadri.wp
source : http://stackoverflow.com, http://slideshare.net
0 Response to "Sya’ir Aqidah Muslim karya Syaikh Mula ‘Imran ‘Ali Al-’Imran rahimahullah"
Posting Komentar