This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Pengertian, Fungsi, & Macam Jaringan Komputer - Sejarah

termotok.blogspot.com - Selamat datang di softilmu, blog sederhana yg berbagi ilmu pengetahuan dgn penuh keikhlasan. Kali ni kami akan berbagi ilmu tentang Jaringan Komputer, beberapa topik utama yg akan kami bahas adlh Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi Jaringan Komputer, dan Macam Macam Jaringan Komputer. Semoga dpt bermanfaat J

Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Komponen Komputer
A. PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTERJaringan komputer adlh sebuah sistem yg terdiri dari dua / lebih sistem komputer yg melaksanakan tugasnya dan saling berhubungan satu sama lainnya. Hubungan yg dibentuk bisa dlm bentuk hubungan komunikasi seperti pesan instan, berbagi sumber daya (resource) seperti data, CPU dan hardware (CD-Rom, printer), dan akses terhadap informasi seperti web. Misalnya koneksi antara dua komputer, sehingga keduanya dpt bertukar informasi satu sama lain. Bentuk koneksi tersebut dpt melalui serat optik, kawat tembaga, gelombang mikro, dan satelit komunikasi (radio, satelit).
Artikel Penunjang : Sejarah Perkembangan Komputer
Tujuan daripada jaringan komputer ni adlh tiap komputer yg termasuk kedalam sistem dpt menerima dan memberikan layanan (service). Pihak yg menerima layanan disebut dgn klien (client), dan yg memberikan layanan disebut dgn peladen (server). Sehingga sistem yg terbentuk dari layanan ni disebut dgn sistem client-server, bahkan sistem ni digunakan pd hampir seluruh aplikasi pd jaringan komputer.
Pengertian, Fungsi, & Macam Jaringan Komputer
PENGERTIAN, FUNGSI, DAN MACAM MACAM JARINGAN KOMPUTER
B. FUNGSI JARINGAN KOMPUTER1. Keamanan Jaringan komputer yg termasuk kedalam sistem memberikan sebuah layanan hak akses terhadap file / sumber daya yg lain, sehingga terlindungi dari pengambilan hak cipta
2. Biaya Sumber daya hardware dpt di hemat karena dpt antara hardware dan komputer dpt berbagi. Membangun jaringan dgn komputer kecil jg lebih murah daripada menggunakan mainframe. Terutama dgn menggunakan sistem client-server
3. Kehandalan tinggi Sumber alternatif dpt tersedia kapan saja ketika dibutuhkan. Contohnya seperti aplikasi pd sebuah bank, yg mana ketika satu mesin saja tak bekerja, maka kinerja lainnya dpt terganggu karena sumber mesin satu dgn lainnya adlh sama
4. Kecepatan Jaringan komputer akan membuat kerjaan menjadi lebih cepat melalui fasilitas sharing nya yg memungkinkan dan memudahkan perpindahan (transfer) data antara dua komputer / lebih
5. Manajemen pemusatan aplikasi Pada sebuah jaringan komputer, dpt dilakukan pemusatan program aplikasi, sehingga dpt menghemat waktu dan tenaga untk menginstalasi program pd masing-masing komputer. Karena semua aplikasi yg hendak diinstal dpt di programkan melalui pusat (central)nya.
6. Skalabilitas Kinerja dpt ditingkatkan dgn cara menambah komputer server maupun client dgn mudah dan tanpa mengganggu kinerja komputer server atau client yang sudah ada lebih dulu
7. Media komunikasi Jaringan komputer memungkinkan kerjasama antara orang-orang yg terpisah dgn jarak. Baik untk berkomunikasi, bahkan bertukar data.
8. Akses informasi Informasi yg dpt diakses lebih luas, bahkan informasi bisa diakses dan didapatkan dari jarak yg jauh sekalipun.
9. Berbagi sumber Berbagi sumber disebut jg dgn resource sharing, yaitu seluruh program, peralatan dan data yg digunakan oleh tiap orang yg termasuk kedalam sistem tanpa dipengaruhi oleh lokasi client dan servernya
10. Hiburan interaktif Jaringan komputer jg memungkinkan orang-orang dpt mendapatkan hiburan
Artikel Penunjang : Jenis Jenis Komputer
C. MACAM - MACAM JARINGAN KOMPUTER1. Berdasarkan jangkauan geografisnya, yaitu:
1a. Komputer paralel
Komputer paralel, data flow machine, jg beberapa contoh jaringan yg bekerja dlm satu unit yg sama, jarak antar prosessornya merupakan yg terkecil, yaitu 0, 1 m. Prosessor di tempat yg sama terhubung melalui papan rangkaian.
1b. Multicomputer Merupakan sistem yg berkomunikasi dgn cara mengirim pesan melalui bus pendek dan sangat cepat. Jarak antar prosessornya adlh 1 m, dan jaringan ni terhubung melalui sebuah sistem.
1c. Jaringan LAN (local area network) Jaringan komputer ni hanya mencakup wilayah yg relatif kecil, jangkauan antar prosessor hanya dlm radius 10 m sampai 10 km. LAN biasa digunakan pd jaringan komputer di ruangan, kamar, rumah, gedung, sekolah, dan kampus. Teknologi Wi-fi merupakan salah satu contoh LAN yg sering digunakan saat ini. Tempat yg menyediakan teknologi Wi-fi berbasis koneksi LAN disebut dgn hotspot. Pada LAN, seorang pengguna dpt berinteraksi dan berkomunikasi dgn perangkat komputer lain dgn menggunakan aplikasi tertentu.
1d. Jaringan MAN (metropolitan area network) Jaringan komputer ni mencakup wilayah yg lebih besar, yaitu dlm radius 10 sampai 50 km. Sehingga jaringan ni biasa digunakan dlm sebuah kota, perkantoran, jaringan antar pabirk/instansi dan wilayah pemerintahan dgn kecepatan transfer data yg relatif tinggi.
1e. Jaringan WAN (wide area network) Jaringan komputer ni mencakup wilayah terbesar, yaitu mencapai 100 hingga 1000 km. Jaringan ni membutuhkan saluran komunikasi publik, sehingga penggunaannya biasa dipakai antar kota, wilayah, negara bahkan mencakup sebuah benua. WAN digunakan untk menghubungkan jaringan komputer lokal dgn jaringan komputer lokal yg lainnya pd lokasi yg berbeda
1f. Internet Internet merupakan jaringan komputer yg terluas, yaitu dgn jarak antar prosessor mencapai 10.000 km, dan jaringan ni dpt bekerja antara satu komputer dgn komputer yg lainnya dlm satu planet.
2. Berdasarkan distribusi informasi, yaitu:2a. Jaringan terpusat Jaringan komputer ni terdiri dari komputer server dan komputer client. Komputer-komputer client disini berfungsi sebagai perantara untk mengakses sumber data / informasi yg dibutuhkan yg bersumber dari satu komputer server.
2b. Jaringan terdistribusi Jaringan komputer ni merupakan gabungan dari beberapa jaringan terpusat, sehingga membentuk sebuah sistem.
3. Berdasarkan peranan komputer dlm proses data, yaitu:3a. Jaringan Client-Server Merupakan jaringan yg memiliki 1 / lebih komputer server dan komputer client. Komputer server sebagai penyedia informasi/data yg dibutuhkan, dan komputer client sebagai perantara untk mengakses data pd komputer server. Dan keadaan ni dpt diubah-ubah melalui software jaringan pd protokolnya.
3b. Jaringan peer-to-peer Merupakan jaringan yg tak mempunyai sistem client-server. Akan tetapi semua komputer dpt mengirim dan menerima data, sehingga semua komputer dpt berperan sebagai client maupun server.
4. Berdasarkan media transmisi data, yaitu:4a. Jaringan berkabel Jaringan ni menghubungkan satu komputer dgn komputer lain dgn penghubung berupa kabel jaringan. Yang akan mengirim informasi dala bentuk sinyal listrik.
4b. Jaringan nirkabel Disebut jg dgn wireless network, yg merupakan jaringan dgn medium/perantara dlm bentuk elektromagnetik (gelombang yg tak membutuhkan medium dlm perambatannya), sehingga dlm hal ni tak dibutuhkan kabel akan tetapi sinyal informasi/data tetap dpt dikirimkan kepada komputer lainnya. Contoh jaringan nirkabel adlh Wi-fi.
5. Berdasarkan topologi jaringan, yaitu:5a. Topologi bus Merupakan topologi yg paling banyak digunakan. Dengan menggunakan T-connector dan menghubungkan perangkat dgn satu kabel dlm satu baris, maka perangkat jaringan lainnya dgn mudah terhubung. Topologi yg beruntut akan menjadi topologi linier.
5b. Topologi bintang Merupakan bentuk topologi yg berupa konvergensi dari node central (tengah) ke node pengguna lainnya. Topologi ni termasuk dlm biaya menengah karena tingkat keamanannya yg termasuk tinggi, dan akses kontrol jg terpusat. Akan tetapi jika node centralnya rusak, maka otomatis node pengguna lainnya jg rusak.
5c. Topologi cincin Merupakan topologi yg berbentuk rangkaian titik yg terhubung ketitik lainnya hingga terbentuk sebuah lingkaran dan membentuk cincin. Masing-masing node pd topologi ni berfungsi sebagai pengulang/repeater yg memperkuat sinyal sepanjang jalurnya. Dalam artian tiap perangkat berkerja sama dlm memperkuat sinyal mereka, dan penerusan sinyal ni dibantu oleh TOKEN (yang membawa informasi dan data dari komputer sumber).
Dengan sistem demikian, topologi cincin ni memiliki performa yg lebih baik darin pd topologi bus, dan lebih hemat kabel. Akan tetapi jka terjadi kesalahan pd suatu node, seluruh jaringan dpt terganggu.
5d. Topologi mesh Merupaka topologi dlm bentuk hubungan antar perangkat. Setiap perangkat akan terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yg terhimpun dlm jaringan. Sehingga memungkinkan perangkat didalam topologi mesh dpt berinteraksi langsung dgn perangkat yg dituju. Dari sistem ini, maka tingkat keamanannya lebih terjamin, karena komunikasi yg terjadi antara dua komputer tak dpt diakses oleh komputer lainnya. Dan jg memudahkan identifikasi jika terjadi permasalahan terhadap koneksi antar komputer.
Akan tetapi, topologi mesh akan membutuhkan tempat dan kabel yg banyak untk interaksi antar perangkat. Dan instalasi konfigurasinya jg akan lebih sulit.
5e. Topologi pohon Merupakan topologi yg terdiri atas kumpulan topologi bintang yg dihubungkan dlm sebuah topologi bus. Sehingga memerlukan beberapa node, yg mana node yg terletak lebih tinggi, akan mengatur node yg berada / terletak lebih rendah. Tetapi, jika kelompok node yg lebih tinggi tak berfungsi, akan menyebabkan node yg terletak lebih rendah menjadi tak berfungsi juga.
Nah itulah postingan kami kali ni tentang Jaringan Komputer, semoga dpt bermanfaat. Jika ada yg ingin ditanyakan, silahkan pertanyaannya diisikan di kolom komentar, kami akan berusaha merespon dgn cepat dan tepat. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa like, follow, dan komentarnya ya J

0 Response to "Pengertian, Fungsi, & Macam Jaringan Komputer - Sejarah"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *